Tentang blog Lakonet

Lakonet kepanjangan dari Lakon Internet. Lakon dalam istilah Jawa lazim dikenal wayang. Blog ini digagas untuk menampung ide-ide bagaimana jika lakon atau wayang disajikan lewat media internet, dunia maya.

Penggagas blog ini adalah Ki Harsono Siswocarito. Lakon yang disampaikan Ki Harsono dalam blog ini berbeda dari lakon atau wayang kebanyakan. Lakonet Ki Harsono ini menggunakan estetika sastra pedhalangan seperti suluk, murwa atau pelungan, nyandra janturan dan pocapan, antawacana atau caturan, swara dan omomatopia seperti wayang asalnya tapi disini digarap dengan media yang berbeda.

Ki Harsono Siswocarito ingin menggagas Lakonet, yaitu lakon yang dimainkan dengan media internet. Lakon ini bisa disebut Lakonmaya karena menggunakan media maya.

Lakonet yang sudah berhasil dibuat oleh Ki Harsono Siswocarito antara lain "Nurkala Kalimantra Gawe Geger Suralaya", "Gitadarma Dr Mintaraga", "Prof Dr Bima Tanayatatwa", "The Death of Kalakarna", "Sang HYang Mayadewa", "Sang Hyang Segara Rekayasa", "Balada Utopia Dr Sucitra", "Sang Seta Panglima Amarta", "Panglima Wanita di Kurusetra", "Kembang Kampus Sokalima", dan artikel-artikel Sastra Pedhalangan dan Serat Mahapurwa yang sedang digarap.

Semoga anda menikmati. Saya tunggu saran dan kritik anda.

0 komentar:

 
Creative Commons License
eXTReMe Tracker